Semua Ada Masanya - Day 24 of #30DaysWritingChallenge -

 

Pelajaran berarti yang baru aku sadari dua tahun belakangan ini adalah, orang bisa datang dan pergi kapanpun sesuka hati. Tidak ada orang yang akan menetap selamanya bersama kita. Kali ini aku berbicara dalam konteks pertemanan, walau sebenarnya makna people come and go ini cakupannya sangat luas. Tapi yang amat sangat membekas untukku saat ini adalah dalam lingkup pertemanan.

 

Betapa aku takjub dengan kenyataan bahwa teman yang dulunya satu lingkungan sama kita bertahun – tahun, melakukan aktivitas yang hampir selalu sama, saling membantu kala kesulitan, tak jarang juga berbagi beberapa episode kehidupan, kini ketika harus terpisah lingkungan, perlahan kami pun berubah menjadi orang asing yang sudah tak lagi saling sapa. Sudah tak berjumpa lagi karena lingkungan berbeda, kecanggihan sosial media pun tak mampu menjadi perantara untuk kami sekadar bertanya kabar atau sekadar mengomentari status sosial media. Perlahan namun pasti, kami pun menjadi asing, hanya sekadar menjadi penonton di sosial media.

 

Tidak ada permasalahan di hari terakhir kami bertemu, hanya saja yang aku sadari belakangan ini, semua memang ada masanya, termasuk soal pertemanan. Kita tidak bisa mengatur mau seberapa lama orang untuk bersama kita. Kita juga tidak bisa mengatur bahwa orang harus selalu ada bersama kita tanpa pernah terpisah. Pada akhirnya, semesta akan menseleksi siapa – siapa saja yang masih mau bertahan dan menetap.

 

Untuk memutar waktu sangat tak mungkin, maka dengan waktu yang ada sekarang aku berusaha memanfaatkan sebaik – baiknya bersama orang – orang yang kini ada disampingku. Sebelum waktu berganti dengan perasaan asing kembali.


#30DaysWritingChallenge

Day 24 - Write About A Lesson You've Learned

Komentar

Postingan Populer