Alasan Solo Traveling


Di tahun 2020 yang baru saja menginjak bulan ketiga ini, akhirnya aku mampu mewujudkan salah satu keinginan yang sudah aku dambakan sejak tahun 2019, yaitu Solo Traveling. Awal mula kenapa aku ingin solo traveling semua bermula saat aku mendengar cerita tentang salah seorang temanku yang bernama Anisa dimana ia mampu menjalankan solo traveling ke negara Singapura. Yang membuat aku salut adalah, posisi dia saat menjalankan itu, ia masih berstatus sebagai seorang mahasiswi di sebuah kampus dan untuk berangkat ke Singapura ia mengandalkan uang tabungan yang ia kumpulkan dari sisa uang jajan. Sebelumnya aku benar – benar tidak tahu kalau di dunia ini ada kegiatan yang bernama solo traveling. Di bayanganku selama ini traveling selalu identik dilakukan bersama – sama dengan teman ataupun keluarga. Namun semenjak mendengar cerita dari Anisa, aku mencoba untuk membaca berbagai artikel berkaitan solo traveling dan ternyata banyak sekali muncul cerita – cerita menarik tentang kegiatan tersebut, khususnya yang dilakukan oleh perempuan. Semenjak itu, aku bertekad bahwa aku harus mewujudkan impianku itu, setidaknya, sekali dalam seumur hidup ataupun sekali sebelum menikah. Aku harus solo traveling, harus.

Selama kurun waktu dari 2019 ke 2020 itu, aku benar benar mengisinya dengan berbagai persiapan untuk solo traveling. Yang pasti harus disiapkan pertama adalah soal keuangan. Karena aku bukan orang kaya tentu saja menabung jadi jalan utama agar bisa traveling. Selain menabung, tentu saja mulai menentukan tempat mana yang akan dituju, kemudian cari tahu informasi sebanyak – banyaknya tentang tempat yang akan dituju. Setelah itu, aku lanjut untuk membuat perencanaan tentang tempat – tempat yang akan dikunjungi. Mungkin aku akan membuat tips – tips tentang solo traveling di tulisanku yang lain hehehe. Pokoknya aku benar – benar mempersiapkan fisik, keuangan juga mental selama setahun hingga akhirnya terwujudlah solo traveling pertamaku ke kota Yogyakarta.

Jadi, buat yang baca ini dan ngerasa kenal sama aku terus mikir kenapa Suci berani banget pergi liburan sendiri ke Yogyakarta? Jawabannya ya karena aku terinspirasi dari temanku. Aku pun juga ga tiba – tiba gitu aja pergi, aku prepare selama setahun ya tolong hehehe. Jadi kepergianku bukan hanya sekadar melepas penat akan rutinitas, tapi juga untuk mewujudkan mimpiku dan menuntaskan rasa penasaranku.

Setelah tulisan ini, aku akan mulai mencicil bercerita pengalamanku selama solo traveling, mulai dari hari keberangkatan hingga hari kepulangan. Aku menulis di sini bukan hanya sekadar untuk menjadi pengingat untuk diriku, namun aku juga berharap semoga pengalamanku solo traveling bisa jadi inspirasi untuk kalian yang baca ini.

Komentar

Postingan Populer