Setelah Semua Gegap Gempita Berakhir


Hasil gambar untuk kembang api

Tak ada lagi suara terompet yang nyaring, tak ada lagi kembang api menghiasi langit malam, tak ada lagi suara petasan yang mengganggu telinga. Semua kembali seperti semula, kecuali jalan raya yang tetap dipadati. Entah oleh orang yang baru akan mulai berlibur, atau oleh orang yang akan kembali ke tempat asalnya untuk kembali menjalankan aktivitas.

Lantas setelah semua gegap gempita berakhir, apa yang harus dilakukan?

Tahun baru erat kaitannya dengan resolusi. Beberapa orang seringkali berkata ingin melakukan banyak hal di tahun yang baru. Ingin mengejar cita – cita, mewujudkan mimpi dan sebagainya. Tak terkecuali aku. Banyak yang ingin aku lakukan, aku kejar dan aku dapatkan. Semua tak begitu saja. Aku tahu itu. Ada proses yang harus aku lalui. Inilah kesulitannya

Sesungguhnya membuat resolusi sangatlah mudah. Cukup ambil secarik kertas dan tuliskan apa saja yang diinginkan. Menjalankannya yang sulit. Belum lagi melawan godaan orang sekeliling yang kadang ingin menjatuhkan apa yang ingin kita raih. Namun godaan tak mesti datang dari pihak luar, diri kita sendiri pun bisa menjadi godaan untuk kita meraih apa yang diinginkan. Godaan dalam diri kita sendiri bisa berupa rasa malas, putus asa, atau iri dengki melihat kesuksesan yang orang lain dapatkan.

Rasa – rasa itulah yang akan ku coba lawan di tahun ini. Aku akan mencoba menulis resolusi, beserta usaha apa saja yang harus aku lakukan untuk mewujudkan mimpi itu. Ambil satu contoh. Aku ingin sekali bisa melakukan solo travelling ke Yogyakarta. Berarti usaha yang harus kulakukan adalah menabung. Aku akan mencoba untuk lebih fokus pada usaha yang harus kulakukan, bukan hasil akhirnya. Hasilnya, biar Tuhan saja yang menentukan.

Kekuatan doa pun tak boleh dilupakan. Tuhan pasti mendengar segala doa yang kita lontarkan, mengetahui apa yang kita harapkan walau harapan itu tersimpan dalam sudut hati kita dan melihat usaha apa saja yang sudah kita jalankan. Semoga segala impian di tahun ini dapat terwujud, tidak hanya aku saja, tapi juga untuk seluruh orang yang telah membaca tulisan ini

Komentar

Postingan Populer