Twitter dari masa ke masa

Aku memiliki beberapa akun sosial media, salah satunya yaitu twitter. Aku sudah memilikinya sejak tahun 2013, itu pun dibikinin temen. Twitter saat itu lagi jaya - jayanya. Hampir semua orang kayaknya punya. Aku pun sering berbalas - balas tweet dengan teman - temanku. Aku yang saat itu belum punya HP yang ada fasilitas internetnya, terpaksa buka twitter nebeng dari HP temen, jadinya cuma sesekali aja aku nge-tweetnya. Karena itu pula, kalau ada temen yang mention ke aku, bisa dibalasnya beberapa hari kemudian hehe. Twitter benar - benar mengalihkanku dari Facebook. Kalau biasanya berkeluh kesah dengan bikin status di Facebook sekarang dialihkan ke Twitter

Sekitar tahun 2014, Alhamdulillah Allah ngasih rezeki ke aku berupa HP yang ada fasilitas internetnya. Seneng banget karena akhirnya aku bisa buka twitter kapanpun tanpa harus nebeng. Tapi giliran aku udah punya HP yang bisa internetan, pamor Twitter malah meredup. Ya enggak meredup secara keseluruhan, hanya meredup di lingkungan sekitarku saja. Saat itu ngeliat timeline Twitter isinya cuma dari official account ataupun dari beberapa artis yang aku follow. Liat tab mention pun, udah ga ada yang nge-mention. Twitter saat itu rasanya sepi banget. Aku nyoba dengan nge-tweet suatu hal, gak ada yang nge-retweet atau bales. Akhirnya dari situ aku merasa kalau twitter perlahan sudah mulai ditinggalkan oleh teman - temanku

Suatu ketika di tahun 2015. Aku menyukai salah satu sinetron yang ditayangkan salah satu stasiun TV. Gak usah aku sebut deh ya judulnya apa. Sinetron itu diperankan oleh artis Rezky Adhitya dan Irish Bella. Aku suka sinetron itu karena ya jalan ceritanya unik aja gitu. Oke, tapi aku bukan mau bahas sinetronnya ya. Tapi ini tetap ada hubungannya dengan Twitter. Semenjak aku suka dengan sinetron tersebut, aku jadi lebih rajin ngebuka Twitter. Aku follow akun Twitter si pemeran utamanya bahkan sampe official account sinetronnya wkwkwk (agak alay mungkin, tapi aku kalo udah suka suatu hal, pasti bakal diselami). Aku sengaja nge-follow akun - akun tersebut supaya ga ketinggalan update dari sinetron tersebut. Apa aja aku tweet yang ada hubungannya dengan sinetron tersebut. Mulai dari kesel nungguin jam tayangnya yang ngaret terus, sampai mention salah satu pemeran utamanya yaitu Irish Bella soal kelanjutannya sinetronnya HAHAHA, dan ga nyangkanya tweet aku dibales sama dia wkwkwk. Sejak saat itu, aku ngerasa Twitter aku seakan "hidup" kembali. Twitter kala itu bener - bener jadi wadah pelampiasanku terhadap suatu hal yang aku suka. Lagipula, selama aku nge-tweet tentang sinetron itu, ga ada satupun temenku yang menanggapi. Jadi aku merasa bebas. I feel free.....

Penghujung tahun 2015, Alhamdulillah Allah memberiku rezeki berupa HP Android. Yayy senang bukan main. Maklumlah waktu itu, android sudah mulai merajai pasar. Temen - temen di lingkunganku pun sudah memilikinya. Semenjak punya HP baru, aku langsung meng-install berbagai macam sosial media yang tidak bisa aku miliki sebelumnya. Seperti Path dan Instagram. Semenjak ada keduanya, aku jadi lupa kepada Twitter. Aku bener - bener ga buka Twitter lagi. Twitter hanya aku jadikan "tong sampah" dari Path. Maksudnya, Path itu kan bisa di sambungin ke Twitter, jadi isi Twitter aku ya kayak pas aku check in atau listening music di Path. Aku terlena sama Path dan Instagram sehingga melupakan Twitter, maafkan aku ya Twitter....

Suatu ketika di tahun 2016, aku mulai merasa jenuh bermain Path. Teman - teman di sekitarku pun sudah tidak memainkannya. Bahkan ada yang tidak punya sama sekali. Pokoknya aku jenuh banget memainkan Path. Aku lupa pastinya kapan akhirnya aku memutuskan untuk meng-uninstall aplikasi tersebut dan hingga sekarang, aku sudah tidak pernah menge-check akun Path milikku. Aku tinggalkan Path dengan kondisi sudah ter-log out.

Pada suatu hari aku terlibat obrolan dengan salah satu temanku. Saat itu dia lagi buka Twitter. Terus aku nanya kenapa dia main Twitter lagi. Jawabannya simple "pengen aja". Lagipula menurut dia, kalo dia pengen berkeluh kesah tapi gak mau terlalu diperhatiin orang, ya di Twitter. Sejak saat itu, aku pun mencoba mengikuti jejaknya. Aku nyoba buka Twitter yang udah aku tinggalin selama setahun. Dan akhirnya sampe sekarang aku masih main Twitter. Setelah aku amati, ternyata masih ada beberapa teman - temanku semasa SD, SMP atau SMK yang masih main Twitter. Bedanya, mereka menggunakan Twitter untuk melampiaskan kesukaannya terhadap seorang idola. Gak heran deh aku kalo Timeline Twitter penuh sama retweetan mereka dari akun - akun idolanya. Ada juga temen aku yang nge-tweet random aja. Hal serupa juga aku lakukan di akun Twitterku. Nge-tweet random ataupun ngelampiasin kesukaanku terhadap idola.

Gatau kenapa aku ngerasa kayak lebih bebas berekspresi di Twitter dibandingkan di akun sosial media lainnya. Karena kalo di akun sosial media lain seperti Instagram atau Facebook, ketika aku mengunggah status atau foto, pasti akan lebih cepat mendapat respon. Nah masalahnya ga semua orang bisa memberikan respon yang baik. Menurutku, ga semua orang bisa memahami kesukaan orang lain. Kayak contoh suatu hari aku pernah upload di Instastory tentang artis yang menjadi idolaku. Keesokan harinya, ada seseorang yang mengatakan padaku langsung "Duh si Suci ya kalo tentang ****** (nyebut nama artis)  pasti aja di upload".  Nada bicaranya biasa sih, cuma aku ngerasanya beda aja. Aku sih cuma menanggapi dengan senyuman. Aku gak baper kok dan enggak kesel juga. Cuma ya bingung aja, apa aku salah kalo menggunggah sesuatu yang menjadi kesukaanku. Lagipula, aku ga meminta orang tersebut buat liat postinganku. Orang itu jadi punya pikiran bahwa aku nih fanatik ke artis itu. Padahal mah ya enggak, cuma suka aja. Nah pikiran - pikiran orang kayak gitu yang ga mungkin bisa aku bendung. Aku ga bisa nahan orang buat memikirkan suatu hal. Bukan berarti aku jadi anti mendengar pendapat orang lain ya. Aku tahu kok resiko dari kita update di sosial media, pasti akan mendapatkan tanggapan dari netizen. Makanya kenapa aku lebih nyaman melampiaskannya di Twitter supaya orang gak ada yang terlalu nanggepin kesukaanku. Aku ngerasa orang - orang di Twitter lebih nyantai dan individualisme. Maksudnya, gak pernah ikut campur sama postingan orang lain. Garis besarnya sih, kalo di Twitter itu gak banyak yang KEPO. Ga banyak kepo terhadap postinganku mungkin disebabkan juga karena, followersku di Twitter isinya teman lama semua. Yang udah jarang atau mungkin ga pernah ketemu bertahun - tahun. Jadi dalam dirinya mungkin ada rasa segan buat nyapa atau sekedar membalas tweet

Kini timeline Twitter ku lebih seru di bandingkan beberapa tahun belakangan. Sebab, aku juga nge-follow akun - akun Selebtweet. Selebtweet adalah orang yang terkenal karena cuitannya di Twitter. Followersnya banyak dan yang ngeRT tweetnya banyak. Ada beberapa selebtweet yang aku follow seperti Renne Nessa (@makmummasjid), Ikram Wahyudi (@ikramarki), Satria (@satriaoo), Zarry Hendrik (@zarryhendrik). Boleh deh di cek kapan - kapan timeline Twitter mereka. Semenjak aku follow akun - akun tersebut, aku ngerasa seneng aja karena tweet dari mereka pun isinya cukup menghibur.

Twitter masih aku butuhkan.  Setidaknya untuk mengetahui Trending Topic apa yang sedang hangat dibicarakan netizen. Bisa juga untuk mencari hiburan melalui cuitan - cuitan selebtweet. Ataupun sekedar melampiaskan kesukaanku terhadap sesuatu. Twitter jaman now, akan tetap memiliki tempat tersendiri untukku dan para pengguna lainnya.

Kalo kalian, masih main Twitter gak? :)

Komentar

Postingan Populer