Perjalanan di Dunia Menulis

Kali ini aku mau cerita soal dunia tulis menulis. Sebelumnya, menulis bukanlah suatu kegiatan yang menarik perhatianku. Seingetku waktu kecil pernah sih punya buku diary gitu dan isinya ya aku cerita banyak hal. Sayangnya hobi nulis itu gak di terusin karena mungkin saat itu aku malas. Hingga tumbuhlah aku menjadi orang yang biasa - biasa aja. Kalo di sekolah atau kegiatan apa gitu misalnya, kita kan di suruh ngisi biodata dan ada kolom hobi, aku selalu tulis nonton TV haha. Aku gak tahu deh nonton TV itu hobi atau apa sebenarnya. Kadang juga berbohong kalo hobiku tuh membaca buku. Padahal sebenarnya aku gak terlalu suka baca. Kalo waktu kecil sih masih suka baca majalah bobo. Namun beranjak remaja, udah deh males baca, ya paling yang di baca buku - buku paket sekolah doang. Kemalasan aku jangan di tiru ya pembaca.

Kembali lagi soal dunia tulis menulis. Sekitar tahun 2014, berbekal keinginan yang (gak) begitu bulat aku bikin Blog ini. Awal bikin Blog jujur aku terinspirasi dari anaknya Pak Presiden Joko Widodo yaitu Kaesang Pangarep. Waktu itu ramai - ramai media memberitakan tentang keluarga Pak Presiden dan salah satunya membahas Kaesang yang hobi nge-Blog. Kemudian aku bacalah Blog-nya dia. Rame dan seru baca blog-nya Kaesang. Bahasa yang dia pakai juga santai banget dan nyeritain kehidupan sehari - harinya dia. Sayangnya sekarang Kaesang udah gak terlalu aktif nulis di Blog lagi karena lebih memilih nge-Vlog di Youtube.

Keinginan buat bikin Blog udah gak mampu aku tahan lagi dan akhirnya setelah berpikir panjang, lahirlah Blog ini di dunia maya. Awal - awal jujur bingung banget mau nulis apa. Ilmu tentang dunia menulis pun aku gak punya. Walau bingung tetap aja aku berhasil posting 3 tulisan yang kalau aku gak salah nyeritain kehidupan sehari - hari aku. Setelah 3 tulisan itu, aku udah gak posting apa - apa lagi. Bahkan kini postingan tersebut udah aku hapus. Beberapa hal yang menurutku bikin diriku males nulis di Blog ialah
1. Mungkin aku kebawa euforia aja setelah rame banget pemberitaan soal Blog-nya Kaesang. Jadi aku tuh kayak cuma sekedar ikut - ikutan aja tanpa ada rasa serius
2. Ilmu gak mumpuni. Aku bingung nulis di Blog tuh harus seperti apa, dan harus nulis apa aja
3. Faktor lingkungan. Lingkaran pertemananku gak ada yang memiliki minat ke dunia literasi. Jadi aku kalo mau konsultasi soal tulis menulis bingun harus ke siapa

*Fase Baru*

Sekitar hampir 2 tahun aku meninggalkan Blog ini, tiba - tiba aku dapet Ilham buat nerusin lagi Blog ini. Kalo 2014 terinspirasi dari Kaesang, kali ini aku terinspirasi dari 2 temen baruku yang aku temui pas ikut pengajian Hijabers Community Bandung yaitu Teh Grandys dan Anisa. Awalnya aku tahu kalo mereka hobi nulis di dunia maya seperti ini dari bio Instagram mereka. Mereka mencantumkan link Tumblr dan Blog mereka. Ya mereka memang menulis di wadah yang berbeda. Teh Grandys di Tumblr sedangkan Anisa di Blog. Aku coba buka link tersebut dan membaca tulisan - tulisan mereka. Dari situ, aku seakan menjadi semangat untuk membangun lagi Blog ini. Aku pun memulai kembali untuk menulis. Walau tidak sering, tapi aku usahakan untuk ada yang aku post di Blog. Aku juga banyak konsultasi sama temen - temen aku itu. Tidak seperti di tahun awal - awal punya Blog dimana aku langsung takluk dengan kemalasan, untuk kali ini aku berusaha untuk lebih baik. Selain konsultasi sama teman - temanku aku juga baca Blog yang sudah terkenal seperti Dewi Lestari atau cari tips - tips nge-Blog di Google.

*Ikutan Kelas Menulis*

Perjalanan tulis menulisku sampailah pada titik dimana aku ikutan sebuah kelas menulis online yaitu "Nulis Yuk Batch 1" di akhir bulan Mei 2017. Aku tahu kelas nulis ini setelah temanku Teh Grandys ngepromosiin kelas tersebut di Instagram. Karena ini kelas online, aku pun gak belajar di kelas, melainkan di aplikasi perpesan WhatsApp. Kelas tersebut berlangsung selama 1 bulan. Di grup tersebut, aku di beri ilmu seminggu sekali oleh pengajar yang kompeten di bidang menulis. Aku di ajar bagaimana caranya mendapatkan ide, tips - tips tentang menulis dan juga di akhir pembelajaran selalu ada challenge berhadiah buku. Aku selalu berusaha mengikuti challenge yang di berikan oleh para pengajar. Walaupun gak menang, setidaknya aku sudah mencoba. Selain hal tersebut, di kelas itu pun aku mendapatkan teman - teman yang memiliki minat di dunia tulis menulis.

Setelah mengikuti kelas menulis tersebut, aku pun memiliki tekad untuk terus menulis. Entah itu di buku, note HP, tumblr ataupun blog ini. Kadang, sembari kerja pun aku coba curi waktu untuk sekedar menulis di secarik kertas. Meskipun di awal konsisten dan perlahan mengendur, tapi aku mencoba untuk selalu membangun semangat dalam diriku agar rajin menulis. Setidaknya dalam sebulan, ada satu hal yang aku tulis di "wadah" apapun.

Aku sudah bertekad untuk menjadikan kegiatan menulis ini sebagai hobiku. Aku akan membangun blog dan juga tumblr yang aku miliki dengan tulisan - tulisanku. Entah terbaca oleh khalayak ramai atau tidak, setidaknya aku mampu menuangkan berbagai gagasan yang ada di kepalaku ke dalam berbagai "wadah". Selain itu, aku juga ingin mengisi masa mudaku dengan hal - hal positif seperti kegiatan menulis ini.

Pembaca, doakan aku agar ya selalu konsisten dalam menulis :) semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian

Jangan lupa kunjungi tumblr aku juga ya di sucisuc.tumblr.com





Komentar

Postingan Populer