Berbagi

Hari ini aku banyak belajar tentang arti berbagi. Untuk berbagi dengan orang lain, tak di lihat dari berapa lama kita mengenal orang tersebut. Kita bisa berbagi dengan siapa saja. Seperti teman, sahabat, orang tua, saudara, rekan kerja atau bahkan dengam orang yang baru dikenal sekalipun.

Berbagi tak harus identik dengan berbagi uang saja. Berbagi bisa dalam bentuk apapun. Seperti berbagi ilmu misalnya. Apabila kita memiliki suatu ilmu, janganlah kita simpan sendiri. Kalau bisa kita bantu orang-orang di sekeliling kita yang mungkin membutuhkan bantuan kita dengan ilmu yang kita miliki.

Baru baru ini aku diberikan hadiah oleh sekelompok Mahasiswi-Mahasiswi sebuah Politeknik Negeri yang sedang melaksanakan Praktek Belajar Lapangan atau disingkat PBL. Selama kurang lebih 2 minggu mereka melaksanakan PBL di tempatku bekerja. Mereka adalah Mahasiswi jurusan Kesehatan Lingkungan. Aku bertugas sebagai salah satu pembimbing mereka selama PBL. Selama 2 minggu mereka melaksanakan PBL aku menemani mereka berkeliling tempat kerjaku untuk melihat kondisi lingkungan tempat kerjaku. Aku membantu mereka menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan lingkungan tempat kerjaku. Mereka juga sangat baik karena mau menjawab pertanyaan pertanyaan yang aku ajukan. Katakanlah aku kepo soal ilmu kesehatan lingkungan jurusan kuliah mereka. Tapi mereka dengan sabar mau menjawab pertanyaanku.

Singkat cerita, PBL mereka pun berakhir. Di hari terakhir itu, kita menghabiskan waktu dengan berfoto bersama. Dan yang sangat tidak aku duga adalah, mereka memberikan hadiah untukku berupa tas. Aku sangat tidak menyangka akan mendapatkan hadiah. Aku tidak melihat dari apa yang mereka berikan, tapi aku melihat ketulusan hati mereka memberikan hadiah itu untukku. Padahal aku sebagai pembimbing sangat tidak mengharapkan imbalan apapun. Mereka mampu melaksanakan PBL dengan baik pun, aku sudah sangat bersyukur.

Dari situ aku belajar, bahwa untuk berbagi dengan orang lain tak harus dilihat dari seberapa lama kita mengenal orang tersebut. Dan juga untuk berbagi tak harus berbentuk uang atau barang. Namun ilmu yang kita miliki pun bisa kita bagikan kepada orang lain. Kunci dari berbagi adalah tulus. Tulus memberikan apa yang kita miliki untuk dibagikan juga kepada orang lain di sekitar kita.

Komentar

Postingan Populer